Cara Menggabungkan Format Halaman Cover, Romawi, dan Angka ke Dalam Satu File Dokumen Untuk Skripsi, Makalah, dan Karya Tulis Lainnya.

Buat kalian yang lagi dikejer – kejer deadline. Tapi masih kebingungan buat menyatuin cover (halaman judul), kata pengantar, daftar isi, bab satu sampe bab empat dan lampiran – lampiran lainnya. Disini gua bakalan share cara mudah buat lakuin itu semua, trusted karena udah gua praktikin sendiri. Berhubungan gua praktikinnya di MS. World 2013, gua kaga tahu kalo bakalan bekerja juga ga di MS. World 2010 atau MS. World 20007. Dari sumber – sumber yang gua baca sih bakalan bisa juga. Daripada penasaran mending kalian cobain sendiri. Sebelum dipraktikin, syarat pertama biar berhasil tutorial ini tolong dicermati jangan males literasi. Jangan cuma liat gambarnya doang.wks
Terus buat kalian yang udah terlanjur memisahkan file karya tulis kalian, jangan takut. Karena ga masalah kok kalo udah dipisah nanti bakalan mudah buat digabungin jadi satu file. Nah sebelum mulai gua mau kasih tahu pembagian halaman – halaman pada karya tulis :
  1. Tanpa halaman.
Nah biasanya itu yang ga pake halaman itu buat halam judul atau yang lebih dikenal dengan cover.
  1. Halaman dengan angka romawi
Biasanya yang pake angka romawi itu dimulai dari halaman pengesahan, pernyataan keaslian penulisan, kata pengantar, motto dan persembahan, daftar isi, daftar tabel, daftar singkatan, dan abstrak.
  1. Halaman biasa yang pake angka
Mulai dari bab satu sampe bagian terakhir di daftar isi biasanya bakalan pake angka biasa untuk halamannya.
Cukup sekian gua ngebacot. Check This Out Cara Menggabungkan Format Halaman Cover, Romawi, dan Angka ke Dalam Satu File Dokumen Untuk Skripsi, Makalah, dan Karya Tulis Lainnya.

Pertama, pastikan Anda membuka MS. World 2013.
Kedua, pastikan kusor Anda berada pada baris terakhir di halaman pertama. Seperti yang ada pada gambar.
1-crop
Ketiga, klik PAGE LAYOUT pada toolbar. Lalu pilih BREAKS, setelah itu tekan PAGE.
2-crop
Setelah Anda mengeklik PAGE. Tampilannya akan berubah menjadi seperti pada gambar. Dokumen yang awalnya hanya terdiri dari satu halaman bertambah menjadi dua halaman.
3-crop
Keempat, pastikan kusor Anda berada di baris terakhir halaman kedua. Seperti yang ada pada gambar.
4-crop
Kelima, klik PAGE LAYOUT pada toolbar. Lalu pilih BREAKS, setelah itu tekan NEXT PAGE.
5-crop
Setelah itu, tampilannya akan berubah menjadi seperti pada gambar. Dokumen yang awalnya terdiri dari dua halaman bertambah menjadi tiga halaman.
6-crop
Keenam, klik dua kali bagian foother. Sehingga tampilan pada layar Anda akan berubah menjadi seperti gambar di bawah ini.
7-crop
Kemudian klik FOOTER pada toolbar DESIGN. Anda dapat memilih bentuk – bentuk footer yang akan Anda gunakan.
8-crop
Setelah Anda memilih salah satu bentuk footer. Tampilan dokumen Anda akan langsung memiliki format halaman dibagian bawahnya. Seperti contoh pada gambar dibawah ini.
9-crop
Namun format halaman yang ada baru menampilkan satu jenis format. Biasanya halaman pada dokumen akan berupa angka satu, dua, tiga, dan seterusnya.
Untuk mengubah halaman pertama menjadi halaman cover. Pertama – tama Anda harus kembali ke halaman pertama. Kemudian, klik DESIGN pada toolbar. Lalu klik DIFFERRENT FIRST PAGE sehingga akan muncul tanda ceklis. Lalu format halaman pada halaman pertama yang akan Anda jadikan cover (Halaman Judul) akan menghilang. Seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.
10-crop
Selanjutnya jika kalian ingin mengubah format halaman kedua dari format angka menjadi format romawi yang umumnya digunakan untuk daftar isi, kata pengantar, dan daftar-daftar lainnya. Pastikan ada kembali ke halaman kedua. Lalu klik PAGE NUMBER pada toolbar DESIGN. Kemudian klik FORMAT PAGE NUMBERS. Seperti yang ada pada gambar dibawah ini.
11-crop
Setelah Anda mengklik FORMAT PAGE NUMBERS akan muncul tampilan seperti ini. Jangan lupa untuk mengubah NUMBER FORMAT menjadi bentuk romawi.
12-crop
Setelah mengeklik tombol OK. Format halaman Anda akan berubah menjadi romawi.
13-crop
Terakhir jika Anda ingin mengubah format halaman ketiga menjadi format angka halaman pertama yang akan menjadi halaman awal dari bab satu karya tulis Anda. Jangan lupa untuk kembali ke tampilan halaman ketiga. Lalu, seperti yang dilakukan pada halaman kedua. Klik PAGE NUMBERS pada toolbar DESIGN. Kemudian pilih FORMAT PAGE NUMBERS.
14-crop
Setelah Anda mengeklik FORMAT PAGE NUMBERS, akan kembali muncul tampilan seperti berikut. Ubahlah NUMBER FORMAT menjadi angka. Dan jangan lupa untuk mengeklilk START AT dan tulislah angka SATU pada kolom yang disediakan.
15-crop
Setelah mengeklik tombol OK. Format halaman ketiga Anda akan berubah menjadi angka yang dimulai dari halaman satu.
16-crop
Bagaimana ? Mudah bukan ?
Semoga cara ini dapat Anda terapkan sehingga dapat memudahkan Anda dalam proses pembuatan karya tulis.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Download Dan Menggunakan Cisco Packet Tracer Terbaru

Konfigurasi Dasar MikroTik

Cara Menggunakan Winbox